Ulama Timur Tengah yang Saya Kenang…

Kelas aliyah di Darul Ulum Kudus, diajar Kiai Edi Bachtiar. Kiai unik; hafal Alquran, dosen di UIN Kudus, dan kadang punya pemikiran fikih yang “nyeleneh” (tapi nDalan).

Kendati demikian, Kiai Edi punya cara mengajar yang unik dan cukup menantang. Bagus untuk olahraga pikiran.

Beberapa kali Kiai Edi “mengobok-obok” pemikiran pakem fikih lewat pendekatan Alquran. Dan beberapa kali menyebut kitab Shafwatut Tafasir sebagai landasan.

Karena merasa tertantang, saya pun berusaha “menaklukkan” jalan pikir yang jarang saya dapatkan begini.

Kitab itupun saya beli (DKI) di toko kitab area Menara Kudus (Mubarokatan Thoyyibah). Inilah “kitab putih” pertama yang saya punyai & saya kaji (sebelum Gus Nasih kondur dari Suriah dan mengajar kami, sambil ngasih referensi kitab putih lain).

Saking penasaran dengan kitab ini (lantaran digadang-gadang Kiai Edi), sewaktu pulang pernah saya bawa pulang (di Darul Ulum cuma boleh pulang dua bulan sekali, dan hanya tiga hari).

Suatu sore saya baca Shafwatut Tafasir, mendiang abah saya duduk menemani.

“Baca apa, Nak?”

“Ini, lho, Bah, kitab putih. Hhe~”

“Coba abah lihat.”

Abah buka-buka, beliau melihat catatan kecil di beberapa halam, membolak-baliknya, kemudian kembali ke halaman awal.

“Ini kitab bagus. Abah dulu sempat ngaji sama Syaikh Ali Al-Shobuni sewaktu di Mekah.”

Demikian tutur abah, generasi muslim Indonesia yang haji pakai kapal, dan meninggalkan anak-istrinya berbulan-bulan di Mekah untuk mengumpulkan uang buat pulang.

“Paklikmu juga pernah talaqqi sama Syaikh Ali.” Lanjut Abah.

Abah memberikan pesan kepada saya bahwa Syaikh Ali itu figur otoritatif, dan qoul-nya bisa dipakai dalil (mu’tabar). Oleh sebab waktu itu Fiqh Al-Sunnah (Sayid Sabiq) masih dianggap “Kitab Koran”, isu JIL masih sengit sekali, dan rujukan kitab masih diperketat.

Tadi melintas status Gus Awy bahwa Syaikh Ali Al-Shobuni wafat tadi siang. Mbuh, tiap kali mendengar kabar orang alim kapundhut, hati ini ingin nangis.

Sugeng kondur Syaikh.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer